Port Terminal Operation

Indonesia merupakan negara maritim dan tentu laut menjadi sebagian wilayah NKRI kita. Kita tidak boleh menjadikan laut sebagai pemisah melainkan sebagai penghubung antar pulau. Dengan luasnya laut di wilayah NKRI tentu jumlah pelabuhan yang ada juga banyak. Dalam suatu pelabuhan terdapat banyak jenis terminal, dan dalam mengelola terminal tersebut harus dilakukan dengan efektif dan efisien. Dalam perkuliahan saya dulu di Akademi Pelayaran Niaga Indonesia, saya mendapat mata kuliah khusus yang membahas dan mempelajari bidang ini yaitu Port Terminal Operation atau disingkat menjadi PTO. Saya mendapatkan mata kuliah ini selama 2 semester di Akpelni Semarang. Ada banyak jenis terminal, tergantung dari kebutuhan setiap daerah yang memiliki pelabuhan. Secara umum biasanya jenis Terminal di pelabuhan yaitu :

  1. Terminal Penumpang.
  2. Terminal Peti Kemas.
  3. Terminal Konvensional.
  4. Terminal Curah Kering.
  5. Terminal Curah Cair.

Dari berbagai jenis terminal yang ada, tentu setiap terminal memilik cara tersendiri dalam melaksanakan kegiatan di masing – masing terminal tersebut. Inilah yang disebut Port Terminal Operation. Dengan belajar PTO diharapkan akan mampu dalam mengatur dan melaksanakan kegiatan di semua jenis terminal yang ada. PTO sangat penting karena ini merupakan kegiatan penghubung antara Barang atau orang di daratan supaya bisa diangkut ke atas kapal dan sebaliknya. Dalam era yang modern ini tentu perkembangan tentang port termnal operation selalu berkembang. Untuk itu diharapkan supaya negara kita tidak tertinggal dengan negara lain. Lihat dan perhatikan negara tetangga kita, seharusnya kita bisa lebih baik dan mampu mensejahterakan rakyat kita dengan lebih mengembangkan sektor maritim negara kita. Amiin.

 

Kalibaru 1004 051216

Advertisements