Kunjungan ke Depo Kontainer Armaco

Selamat malam ! Sudah lama tidak mengupdate blog ini, beberapa hari yang lalu saya bersama rekan rekan mengunjungi sebuah depo kontainer. Acara ini diselenggarakan oleh pihak kampus, supaya Tarunanya mengerti bagaimana suatu proses atau kegiatan yang ada di depo kontainer. Kunjungan ini saya lakukan pada hari jumat, 21 November 2014. Setelah selesai apel pagi, kami semua menunggu sekitar 30 menitan di kampus. Kemudian 2 pleton KPN berangkat ke depo menggunakan bus dari kampus. Perjalanan kurang lebih memakan waktu sekitar 30 menitan dari kampus. Sesampai di depo ternyata jam kerja baru saja dimulai, untuk suasana depo sendiri agak ada genangan air karena hujan malam sebelumnya. Setelah melihat lihat sebentar, kamipun dikumpulkan dan dibentuk menjadi beberapa kelompok. Setelah kepala depo atau pimpinan memperkenalkan satu per satu dari orang yang akan membimbing kami untuk kegiatan kunjungan ini.

IMG_20141121_152142[1]

Saya bersama-sama rekan terdiri dari 13 taruna-taruni yang selanjutnya dipandu oleh Bapak Totok Darmanto. Beliau sendiri yang akan memandu kami dalam kegiatan ini. Awalnya kami diberi tahu bagaimana kondisi di depo sendiri, mengingat lalu lintas truk yang datang maupun pergi begitu banyak. Dan tak ketinggalan suara bising dari mesin atau alat pemindah petikemas (side loader). Kelompok saya kemudian dibawa ke tempat awal kontainer kosong masuk, yaitu tempat surveyor melihat kondisi kontainer yang baru datang. setelah di lihat dan petugas mengisi form survey kontainer, kemudian kontainer dibersihkan menggunakan air, detergen, atau bahan kimia lainnya. Ditempat ini terdapat semacam tangga yang fungsinya untuk melihat kondisi kontainer bagian atas.

Setelah melalui gerbang pemeriksaan oleh surveyor, kontainer dibawa ke tempat penumpukan untuk menunggu persetujuan repair dari pemilik kontainer atau dari pihak pelayaran. Dan ada petugas yang menginput data untuk kontainer yang baru masuk dan selanjutnya dilakukan payment Lift Off Empty, serta biaya pembersihan kontainer itu sendiri. Untuk tempat depo yang saya kunjungi bersama rekan rekan ini mampu menumpuk kontainer hingga 4 Tier.

IMG_20141124_212536[1]

Di depo kontainer ini, jenis-jenis kontainer yang adapun tidak begitu lengkap, yang ada seperti Dry, Hanging, Flat Track, Tank Container, Dan Reefer Container. Yang mendapat penanganan khusus menurut saya adalah reefer dan tank container. Karena kedua jenis kontainer ini biasanya mengangkut muatan yang khusus, atau mendapat penanganan yang spesial.

IMG_20141125_191555[1]

Untuk proses kontainer keluar dari depo, akan ada pihak dari pelayaran yang akan menggunakan kontainer dengan membawa sebuah dokumen pengambilan kontainer, kemudian kontainer diangkat ke atas truk dan dilakukan pemeriksaan kembali. Kondisi kontainer harus tetap baik, supaya muatannya nanti tidak rusak. kemudian petugas melakukan payment Lift On Empty dan melaporkan ke pada pihak pelayaran. Dan kemudian kontainer keluar depo. Baiklah, itu sedikit tulisan dari saya untuk hari ini, semoga para pembaca mengerti dengan yang saya tulis ini. Terima Kasih, Selamat malam.

 

Semarang 1849 251114

4 thoughts on “Kunjungan ke Depo Kontainer Armaco

  1. Selamat malam senior..
    Mohon izin senior,blog nya senior bagus senior,mohon izin minta bimbingannya untuk aktif di blog seperti senior.
    Saya tertarik dan hobi untuk menulis senior,tetapi saya blom bisa mengelola blog saya dengan menarik.mohon bantuan,saran serta bimbingannya senior.
    Terimakasih senior.

  2. Good Manda … lanjutkan blognya.. informasi yang bermanfaat buat banyak orang untuk aktivitas serta kegiatan taruna akpleni..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s