Pemasaran VS Penjualan

Hari ini perkuliahan terasa padat sekali, setelah selesai apel pagi 07.30 pagi istirahat hanya sampai pukul 08.30 kemudian lanjut perkuliahan sampai jam 5 sore. Di pagi hari saya mendapatkan mata kuliah manajemen pemasaran jasa pelayaran , dosen pak Ridwan sedikit menerangkan tentang bagaimana perbedaan antara Pemasaran dan Penjualan. Berikut akan sedikit saya ulang apa yang diterangkan oleh pak Ridwan.

Penjualan.

  1.  Penjualan lebih menekankan kepada kegiatan produksinya atau volume dari produk yang terjual.
  2. Membuat produknya dulu baru menjualnya.
  3. Penjualan lebih berorientasi kepada volume atau banyaknya produk yang terjual.
  4. Penjualan hanya rencana jangka pendek.

Pemasaran.

  1. Menekankan kegiatan kepada bagaimana keinginan dari konsumen.
  2. Melakukan penelitian pada tingkat selera konsumen.
  3. Berorientasi pada laba total.
  4. Pemasaran memikirkan bagaimana jangka panjangnnya, supaya konsumen tetap percaya dan puas terhadap produk yang ditawarkan.

Umumnya produk ada 2 bagian yaitu produk fisik dan produk jasa.

Sekian dari saya, semoga tulisan diatas bermanfaat bagi pembaca. Terima Kasih.

 

Semarang 040914 2020

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s