Perjalanan Ziarah Walisongo 25-30 Maret 2013

Assalamualaikum wr.wb

Untuk waktu yang lama tidak pernah mengupdate blog ini. Oke, kali ini saya akan menulis tentang perjalanan ziarah saya ke Wali Songo di Jawa. Wali Songo adalah sembilan Sunan yang sangat terkenal di tanah Jawa. Mereka yang menyebarkan Islam di era kerajaan serta kolonial Belanda. Saya akan menulis sedikit untuk saat ini. Karena hanya beberapa gambar yang saya ambil. Jadi mungkin tidak lengkap tentang sembilan Sunan Wali Songo.

1. Hari pertama tanggal 25 Maret, saya berangkat  kali ini dengan kelompok Al-Mu’minuun Ubud Bali. Semua kelompok berkumpul pukul 08.00 WIB dan mulai menggunakan Bus “Gunung Harta”. Pertama mulai makam Sunan Ampel di Surabaya. Perjalanan dari Denpasar ke Gilimanuk sekitar 3 jam dan terus menggunakan fery untuk menyeberang ke Ketapang. Sesampainya di Gilimanuk pukul 11.00 WIB dan tiba di Ketapang pada 1:30 untuk melakukan shalat Dhuhur. Setelah berdoa di masjid dan kemudian makan siang. Dari Ketapang ke Surabaya di jalan selama 10 jam. Setelah menikmati perjalanan panjang, pukul 08.00 pm dengan kelompok tiba di Makam Sunan Ampel di Surabaya. Kegiatan berdoa di Makam 1 jam. pukul 21.30 selesai kemudian berbelanja. Setelah belanja kelompok kemudian ke Madura di makam syehh,,,, (Lupa namanya): D Dalam perjalanan melewati Jembatan Suramadu pada 22:00 ke Bangkalan, Madura.. Dan aku tiba di Bangkalan pukul 23.00 masjid itu sangat besar dan mewah menurut pendapat saya. Setelah selesai berdoa dan kemudian ke Gresik di 01:30

Brother

Me

Brother & Father

2. Hari kedua 26 Maret, 02:30 pagi, saya tiba di Sunan Maulana Malik Ibrahim di Gresik. Waktu digunakan untuk istirahat. Setelah istirahat Saya kemudian mandi pada pukul 04.00 pagi dan kemudian Doa Bersama dengan shalat Shubuh. Dan kemudian pergi ke makam di 05:00 selesai berdoa di makam pada 06:00 Sebelum saya naik bus, keluarga membeli susu kedelai yg masih hangat. dan perjalanan dilanjutkan ke makam Sunan Giri di Gresik. Tiba di Sunan Giri pada 06:30 pagi. Sebelum ke makam Sunan Giri Kami harus naik sepeda motor. Selesai berdoa pada 8:00 kemudian ke makam Sunan Derajat di Lamongan. Tiba di makam Sunan Derajat pada 9:30 Di makam Sunan Derajat. Setelah selesai di Sunan Derajat kemudian menuju ke makam Sunan Bonang di Bonang. Pada sore saya shalat Dhuhur di “Pondok Pesanteren Perut Bumi” Kemudian ke makam Sunan Bonang, setelah selesai berdoa di makam Sunan Bonang saya dan gorup  terus makam Sunan Muria di Gunung Muria di 16:30 Di Muria saya harus naik sepeda motor makam Sunan Muria. Ojek di sini sangat exstrem dan cara yang sangat sangat extrem. Selesai berdoa di Sunan Muria 21:30 Kemudian, kelompok Al – Mu’minuun pergi ke makam “Sunan Kudus”.

Family

3. Hari ketiga tanggal 27 Maret Pada Sunan Kudus pada 01:30 dan makam ditutup. Kemudian dilanjutkan ke Demak untuk istirahat. Saya shalat subuh di masjid agung Demak. Selesai berdoa saya pergi ke makam Sunan Kalijaga. Pada pukul 08:00 selesai berdoa di makam Sunan Kalijaga dan melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Gunung Jati di Kota Cirebon. Perjalanan dari Demak ke Cirebon selama 8 jam. Sampai di Cirebon pukul 15.00 WIB dan selesai berdoa pada 17:00 Akhirnya selesai “Ziarah Wali Songo”. Kemudian kelompok melanjutkan perjalanan ke Madiun untuk istirahat.

Father

4. Hari keempat pada 28 Maret, Sampai di Madiun pada 07:00 Di Madiun digunakan untuk waktu istirahat. Setelah istirahat dan sarapan kemudian pergi ke Jombang untuk berdoa di makam “Gus Dur”. Gus Dur adalah mantan Presiden RI ketiga. Tiba di makam Gus Dur pukul 20.00 WIB dan selesai pada pukul 21.00 WIB Sebelum menuju rumah, saya dan keluarga saya berbelanja di “Pondok Pesanteren Tebu Ireng” Jombang. Perjalanan menuju rumah melalui Pasuruan.

Family

5. Hari kelima pada 29 Maret, saat 03:30 tiba di Stasiun Bus Pasuruan. Setelah shalat Shubuh  bersama-sama. Kemudian ziarah ke Masjid Agung Pasuruan. Pukul 07.30  terus ke Denpasar. Dan Shalat Jumat di Situbondo. Tiba di Ketapang pukul 16.00 WIB dan tiba di Kengetan Ubud Bali pada 22:00

Oke, itu adalah tulisan sedikit tentang perjalanan saya ziarah “Wali Songo” dengan kelompok Al-Mu’minuun.

Denpasar 090413 1127

About these ads

3 thoughts on “Perjalanan Ziarah Walisongo 25-30 Maret 2013

1. Budi Santoso says:

Reading this post give me informations, new insights, and be ‘past tense’. :D

It’s still for studying about english.